Pelaksanaan Posyandu Cempedak Dusun Pedak

19 Agustus 2021 11:11:48 WIB

Himbauan pemerintah untuk social distancing masih berlaku, masyarakat dihimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan lebih banyak tinggal di dalam rumah. Menghindari kerumunan massa dan membatasi kegiatan bersosialisasi. Salah satu program rutin Dusun Pedak Kalurahan Trimurti Kapanewon Srandakan yang terkena imbas pandemi Covid-19 ini adalah program Posyandu balita dan lansia.

Salah satu cara yang dilakukan Kader kesehatan Dusun Pedak adalah dengan membagi menjadi 4 lokasi untuk memecah kerumunan. Seperti RT 62 dan 63 di Poskamling Tegalan RT 64 dan 65 di rumah Ibu Dewi RT 65 dan 66  di Rumah Kepala Dusun dan RT 66, 67 di Masjid An Nur.

Adapun alur pelaksanaan posyandu dibagi menjadi beberapa meja seperti Meja 1 : Bertugas untuk melakukan pencatatan data bayi, balita, dan ibu hamil yang datang ke Posyandu, sebelumnya bagi orangtua dan balita yang datang dipersilakan untuk mencuci tangan dulu sebelum masuk ke meja I. Setelah itu pastikan orangtua dan anak menggunakan masker dengan benar. Selanjutnya atur jarak dalam penyerahan data diri balita maupun ibu hamil dan bila perlu lengkapi dengan alat thermogun untuk mengukur suhu tubuh orangtua dan balita yang datang.

Meja 2 : Bertugas untuk melakukan penimbangan, yang patut ditekankan adalah meletakkan bayi, balita pada alat timbang dilakukan oleh orangtua bukan oleh kader untuk meminimalisir sentuhan kepada banyak orang. Petugas di meja 2 hanya mengukur alat timbang dan memastikan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak akurat.

Meja 3 : Bertugas untuk melakukan pencatatan KMS dan administrasi lainnya harus dibekali dengan hand sanitizer untuk memastikan higenitas dari KMS tersebut.

Meja 4 : Bertugas memberikan penyuluhan tumbuh /gizi balita, yang patut diperhatikan pada meja 4 adalah penggunaan masker atau face shield pada petugas dan mengatur jarak pada saat melakukan penyuluhan. Karena petugas pasti akan banyak memberikan pengetahuan tentang gizi akan sangat bagus kalau dilengkapi dengan face shield.

Meja 5 : Bertugas memberikan makanan tambahan kepada balita, hal yang diperhatikan adalah pastikan makanan tambahan tidak diberikan oleh petugas kepada balita atau orangtua balita secara langsung, tetapi biarkan orangtua yang mengambil sendiri makanan tambahannya, hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak langsung dengan banyak orang.

Setelah semua prosedur terlaksana bagi orangtua dan balita dipersilakan untuk meninggalkan tempat kegiatan.

Komentar atas Pelaksanaan Posyandu Cempedak Dusun Pedak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License