Penyuluhan 1000 HPK

16 Juni 2021 10:55:03 WIB

Selasa (15/)  telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan  1000 HPK dan pencegahan stunting di Aula Kapanewon Srandakan dengan  menghadirkan peserta masyarakat sekitar dengan kriteria Ibu Hamil dan calon Ibu Hamil baru. Dengan harapan yang sedang hamil dan yang menanti kehamilan bisa menyerap ilmu yang disampaikan dari acara tersebut. Sehingga apa yang diharapkan yaitu untuk pencegahan stunting bisa terwujud, kedepannya tidak ada lagi anak-anak atau bayi yang stunting. 

Dalam Acara tersebut Lurah Trimurti Agus Purwaka ST menyampaikan masa 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK) terdiri atas 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan buah hati. Dampak pada masa periode emas akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang buah hati hingga dewasanya.

Hari pertama kehidupan berkaitan erat dengan pemenuhan gizi di awal kehidupan buah hati. Pada gilirannya, ini sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang buah hati sekaligus berpengaruh terhadap kesehatannya.

Masa 1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak pertama kali terjadinya pembuahan, atau  terbentuknya janin dalam kandungan, hingga buah hati berusia 2 tahun. Momen ini merupakan waktu tepat untuk membangun fondasi kesehatan jangka panjang.

Masa 1000 HPK sangat penting bagi tumbuh kembang buah hati dan dapat menentukan perkembangan kecerdasan secara jangka panjang. Tidak optimalnya perkembangan otak pada masa ini juga akan berpengaruh terhadap kehidupan buah hati di masa depan.

Kualitas hidup buah hati di masa depan sangat dipengaruhi gizi yang diterima selama 1.000 HPK. Inilah yang menjadikan masa 1.000 HPK disebut sebagai periode emas untuk membangun dasar tumbuh kembang buah hati yang solid. Mempersiapkan 1000 hari pertama kehidupan buah hati merupakan hal krusial

Komentar atas Penyuluhan 1000 HPK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License