Pemanfaatan lahan kosong untuk Peternakan Sapi dan Kambing

04 Mei 2021 10:51:27 WIB

Beberapa warga dusun Sawahan memiliki lahan yang cukup luas, dan lahan yang cukup luas ini sangat berpotensi untuk kesejahteraan perekonomian warga dusun Sawahan, lahan tersebut dapat dimanfaatkan salah satunya adalah peternakan kambing dan sapi. Seperti pak Widodo dan bu Astuti, Sudah sekitar 10 tahun bapak Widodo dan ibu Astuti berternak kambing dan sapi. Ternak pak Widodo masing-masing sudah delapan kali beranak. Pak Widodo mempunyai total empat belas hewan ternak, yaitu tiga ekor sapi dan sebelas ekor kambing. Setiap harinya, sapi membutuhkan tujuh kilo gram jerami dan sekali makan pada sore hari. Setiap anak sapi jantan yang gemuk, sehat, dan berumur empat bulan dihargai sekitar tiga belas juta. Berbeda dengan anak sapi betina yang selisih dua juta lebih rendah jika dijual. Sedangkan untuk kambing, dalam sekali makan membutuhkan lima kilo gram rumput segar, dan tiga kali makan dalam sehari. Setiap tahun kambing pak.. bisa dua kali beranak, sehingga dalam satu tahun bisa dua kali menjual  anak kambing. Untuk kotoran kedua hewan ternak biasanya dijual dan harga jual kotoran kambing lebih mahal. Jika dibandingkan, sapi memiliki keuntungan yang besar dibandingkan dengan kambing, dimana keuntungan memelihara sapi bisa mencapai tiga kali dibandingkan dengan keuntungan memlihara kambing setiap tahunnya, namun dengan keterbatasa biaya keluarga pak Widodo, mereka lebih memilih lebih fokus dengan memelihara kambing, hal ini dikarenakan reproduksi kambing lebh cepat dari pada sapi, sehingga keluarga bapak Widodo bisa menjual dan mendapatkan uang dengan cepat. Dan untuk modal memelihara kambing lebih murah dibandingkan dengan sapi.

Untuk lokasi peternakan bapak Widodo terletak di depan rumah dan pak Widodo hanya menggunakan 30% dari keseluruhan lahannya untuk peterakannya, ini dikarenakan kurangnya modal, keberanian dan ilmu yang memadai untuk memperluas peternakan pak Widodo. Dan keluarga pak Widodo adala salah satu contoh warga yang kurang dapat memanfaatkan lahannya untuk bergerak dibidang peternakan, rata-rata warga dusun Sawahan hanya memihara 3-6 kambing dan untuk sapi rata-rata hanya 1-3 sapi, dan mereka hanya menggunakan rata-rata 35% lahan mereka untuk beternak, dan sisanya hanya lahan kosong yang ditumbuhi bambu, rumput liar dan pohon yang kurang bermanfaat untuk pertumbhan perekonomian warga dusun Sawahan.

Komentar atas Pemanfaatan lahan kosong untuk Peternakan Sapi dan Kambing

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License