POTENSI YANG TERDAPAT DI DUSUN GERSO TRIMURTI SRANDAKAN BANTUL

04 Mei 2021 10:28:07 WIB

Potensi Dusun merupakan segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki Dusun sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan perkembangan Dusun itu sendiri. Salah satunya berada di Dusun Gerso, Trimurti, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat pula potensi yang dapat dikembangkan untuk menjadi suatu ciri khas dari dusun tersebut. Adapun potensi yang terdapatdi Dusun Gerso dalam hal makanan adalah adanya beberapa pabrik tahu yang sudah berdiri cukup lama di Dusun Gerso tersebut.

            Pabrik tahu memang sudah menyebar di Dusun Gerso, terdapat sekitar delapan pabrik yang sudah berdiri cukup lama. Mulai dari tahun 1950 an sudah ada pabrik yang berdiri kemudian muncul pabrik pabrik yang lainnya. Hingga saat ini terdapat delapan pabrik tahu. Produksi dari masing-masing pabrik kebanyakan adalah tahu putih. Dengan pemasaran yang masih minim yaitu hanya sekedar beredar disekitar Srandakan, antar pasar, ataupun yang sudah berlangganan.

Potensi inilah yang dapat dikembangkan oleh pemerintah dengan cara mengembangkan pemasarannya sehingga tahu putih dari Dusun Gerso mempunyai nama dan dapat menjadi wisata dalam hal produksi tahu putih. Serta menjadi hal yang dibanggakan oleh Dusun Gerso tersebut.

Komentar atas POTENSI YANG TERDAPAT DI DUSUN GERSO TRIMURTI SRANDAKAN BANTUL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License