Dukuh Gunungsaren Lor Sosialisasikan Pajak PBB dan PTSL di Pertemuan RT 78

15 Maret 2021 11:51:43 WIB

Pengajian sekaligus pertemuan rutin digelar di RT 78 Dusun Gunungsaren Lor Desa Trimurti Kecamatan Srandakan. Kegiatan tersebut bertempat di rumah Mukijan warga RT 78. Rapat ini rutin di selenggarakan setiap bulannya pada malam senin kliwon. (14/3)

Kegiatan ini dilakukan warga untuk mengakrabkan sesama warga dan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dilingkungan RT 78. Acara diawali dengan  pengajian dilanjutkan dengan arisan dan membayar uang untuk Kas/Jimpitan RT 78 .

Pertemuan dihadadiri warga dan pengurus RT 78 dan Kepala Dusun Gunungsaren Lor Suwardi. Disela-sela rapat koordinasi kepala Dusun Gunungsaren Lor menyampaikan informasi kepada warga RT 78 mengenai tata cara pengelolaan Pajak Bumi Bangunan dan Perkotaan (PBB P2) serta memberikan  informasi bahwa SPPT PBB P2 telah didistribusikan ke masing-masing desa di Kabupaten Bantul, yang untuk selanjutnya akan didistribusikan pada seluruh Wajib Pajak di wilayah Kabupaten Bantul. Terdapat perbedaan tampilan SPPT PBB P2 Tahun 2020 dibandingkan dengan SPPT PBB P2 tahun sebelumnya. Perubahan tersebut terletak pada penambahan tanda tangan elektronik serta QR Code yang dapat dipindai oleh Wajib Pajak untuk mengetahui detail Obyek Pajak serta riwayat pembayaran PBB P2. 

Kepala Pedukuhan Gunungsaren lor juga meminta kepada warga RT 78 untuk mempersiapkan berkas persyaratan PTSL. Warga yang mengikuti PTS dimohon untuk melakukan pengecekan batas-batas bidang tanah yang akan disertakan pada program PTSL dan mengomunikasikan dengan keluarga jauh yang merupakan ahli waris tentang pengikutsertaan dalam program PTSL. Pembuatan sketsa tanah harus melibatkan Dukuh/RT/Orang yang mengerti tentang asal muasal status tanah tersebut untuk melakukan pendampingan. Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan peserta paham dalam pembuatan sertifikat.  Tanah yang sudah bersertifikat  dapat digunakan masyarakat memperoleh penguatan dasar hukum.

Komentar atas Dukuh Gunungsaren Lor Sosialisasikan Pajak PBB dan PTSL di Pertemuan RT 78

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License