Pelatihan Satgas Dusun Hadapi Masa Pandemi Covid 19

25 Februari 2021 11:10:20 WIB

COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome corona virus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru, seperti pneumonia.

Menurut data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Republik Indonesia, jumlah kasus terkonfirmasi positif hingga 15 Februari 2021 adalah 1.217.486 orang dengan jumlah kematian 33.183 orang.

Dari kedua angka ini dapat disimpulkan bahwa case fatality rate atau tingkat kematian yang disebabkan oleh COVID-19 di Indonesia adalah sekitar 2,7%. Case fatality rate adalah presentase jumlah kematian dari seluruh jumlah kasus positif COVID-19 yang sudah terkonfirmasi dan dilaporkan.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021, PPKM Mikro (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro  dengan sklala tingkat RT / RW. Di Kalurahan Trimurti Kapanewon Srandakan sendiri jumlah kasus per hari ini, Sabtu tanggal 20 Februari 2021 mencapai 20 orang yang tersebar di beberapa pedukuhan se Kalurahan Trimurti. Maka dari itu Pemerintah Kalurahan Trimurti Kapanewon Srandakan Kabupaten Bantul pada hari Sabtu, 20 februari 2021 mengadakan sosialisasi penggunaan spraying, dekontaminasi maupun cara penggunaan APDnya di Kantor Kalurahan Trimurti dengan narasumber dari BPBD Bantul. Dalam sosialisasi tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan APD sangatlah penting untuk mengantisipasi tertularnya virus Covid 19.

Dalam sambutannya Lurah Kalurahan Trimurti Agus Purwaka, ST berpesan kepada masyarakat  Kalurahan Trimurti untuk melakukan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mengurangi mobilitas, Mencuci Tangan, Mengurangi berkerumun).

Di wilayah Kalurahan Trimurti 125 RT berada di zona hijau,  10 RT berada di zona kuning,  zona orange 0  dan zona merah 0. Pembagian zona berdasarkan jumlah kasus yang terdapat dalam satu tersebut dengan ketentuan  zona hijau jika terdapat 0 kasus di dalam satu RT, zona Kuning terdapat 1-5 kasus positif dalam satu RT, zona orange 6-10 kasus dalam satu RT , dan zona merah terdapat >10 kasus dalam satu RT.

Dalam akhir acara, Pemerintah Kalurahan Trimurti memberikan fasilitas berupa tempat cuci tangan (wastafel) portable, tank sprayer elektrik dan cairan disinfectan kepada 19 pedukuhan di Kalurahan Trimurti.

Komentar atas Pelatihan Satgas Dusun Hadapi Masa Pandemi Covid 19

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License