Penyuluhan DBD di Pedukuhan Gunungsaren Kidul

18 Februari 2021 10:45:54 WIB

Bertempat di Pendopo Prapto Darjono Warga Pedukuhan Gunungsaren idul Kalurahan Trimurti Kapanewon Srandakan  mengikuti penyuluhan kesehatan tentang Demam Berdarah (DBD) dari Puskesmas Srandakan, (16/2).

DBD merupakan salah satu penyakit menular yang dapat menimbulkan wabah. Penyakit ini merupakan salah satu masalaah kesehatan di Indonesia yang dapat menimbulkan kekuatiran karena perjalanan penyakitnya yang cepat dan dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat

Kutipan tema penyuluhan antara lain, bahwa penularan DBD adalah melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Habitat nyamuk ini adalah pada air-air yang ersih (kolam, bak air/mandi terbuka). Meskipun dapat juga ditularkan oleh Aedes Albopictus yang biasanya hidup di kebun-kebun.

Cara pemberantasan sarang Nyamuk DBD dilakukan dengan cara 3M yaitu Menguras, dan menyikat tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi, drum dan lain-lain. Menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti tempayan dan lain-lain, kemudian Mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan, selain itu ditambah dengan caraa lain yang disebut 3M Plus, yaitu mengganti air vas bunga, tempat minum burung atau tempat lainnya yang sejenis minimal seminggu sekali, memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar/rusak, menutup lubang pada potongan bambu/pohon dengan tanah, menabur bubuk larvasidasi/abate, memelihara ikan pemakan jentik di bak penampungan air.

Komentar atas Penyuluhan DBD di Pedukuhan Gunungsaren Kidul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License