Dorong UMKM Dusun Gunungsaren Lor Berjaya di Era Digital Melalui Sosialisasi Digital Marketing

Sandi 06 Februari 2025 11:36:25 WIB

Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah cara masyarakat berinteraksi dan berbisnis. Digital marketing menjadi kunci penting bagi keberhasilan pemasaran di era modern. Menyadari hal ini, mahasiswa KKN-T dari Universitas Alma Ata Yogyakarta mengadakan sosialisasi digital marketing yang ditujukan kepada karang taruna di Dusun Gunungsaren Lor. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar tentang digital marketing kepada generasi muda, sehingga mereka dapat memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan potensi diri dan usaha.
Sebanyak 10 mahasiwa yang tergabung dalam kelompok 25, yaitu Mu`in Musafik, Dzul Fattah Sifah, Riski Efendi, Main Alfi Ainasalsabila, Juliana Sari, Nurul Fadilah. Putri Nurkholella, Annisa H Ifnu R, Faiha Putri Kanza, Gerend Erlina Ayu Putri Suratman, berupaya meningkatkan pemahaman mengenai Digital Marketing.
Ketua KKN-T Kelompok 25, Mu’in Musafik, menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi pemuda dan pelaku usaha di Dusun Gunungsaren Lor.
“Kami berharap setelah adanya sosialisasi ini, anggota Karang Taruna dapat mulai menerapkan ilmu digital marketing dalam mengembangkan atau memulai usaha. Digitalisasi merupakan kebutuhan dalam dunia bisnis saat ini, dan dengan memahami cara kerja pemasaran digital, diharapkan usaha masyarakat dapat berkembang lebih baik,” ujar Mu’in Musafik.
Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing ini diikuti oleh 10 mahasiswa KKN-T Kelompok 25 dan 50 anggota Karang Taruna pada hari Sabtu, 1 Februari 2025. Acara ini berlangsung di Masjid Jabal Nur, Dusun Gunungsaren Lor, yang merupakan lokasi pengabdian KKN-T Universitas Alma Ata Kelompok 25 selama dua bulan.
Sosialisasi ini diisi dengan materi-materi seputar digital marketing, komponen digital marketing, pengertian mengenai sosial media marketing, manfaat sosial media marketing, platform sosial media, strategi efektif dalam sosial media marketing , cara mengukur keberhasilan sosial media marketing.
Mahasiswa KKN-T di sambut antusias oleh angggota karang taruna. Ketua Karang taruna Dusun Gunungsaren Lor, Muhammad Mukhlis, menyampaikan harapan besar terhadap kegiatan sosialisasi digital marketing. Para peserta pun memberikan respon positif terhadap kegiatan ini. Mereka merasa mendapatkan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat dan termotivasi untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari.
"Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN-T atas ilmu yang telah diberikan. Hal ini sangat membantu kami dalam mengembangkan kemampuan di bidang digital, dengan adanya sosialisasi ini, saya berharap pemahaman pemuda dan pemudi mengenai digital marketing dapat meningkat, dan diharapkan pemuda dan pemudi Gunungsaren Lor tertarik untuk menerapkan ilmu digital marketing di kehidupan sehari-hari," Ujarnya
Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata akan melaksanakan monitoring dan edukasi langsung kepada para pelaku UMKM di Dusun Gunungsaren Lor. Program ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam menerapkan strategi digital marketing secara langsung, memberikan bimbingan teknis, serta mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dan platform e-commerce guna meningkatkan penjualan mereka.
Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, diharapkan Karang Taruna dan pelaku UMKM di Dusun Gunungsaren Lor semakin siap menghadapi tantangan di era digital, serta mampu memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha mereka secara lebih efektif dan berkelanjutan.

Komentar atas Dorong UMKM Dusun Gunungsaren Lor Berjaya di Era Digital Melalui Sosialisasi Digital Marketing

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License