Kerja Bakti Penanaman Tanaman Sayur di Lahan KWT Subur Lestari

Printa Kusumastuti 20 Juli 2023 13:05:10 WIB

Rabu, 19 Juli 2023 Mahasiswa KKN-PPM UGM bersama Ibu-Ibu KWT (Kelompok Wanita Tani) padukuhan Puron bersama-sama melakukan kerja bakti untuk penanaman tanaman sayur di lahan KWT. Penanaman sayuran Penanaman sayuran di lahan merupakan kegiatan pertanian yang melibatkan penanaman berbagai jenis sayuran pada lahan tertentu. Praktik ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, meningkatkan ketahanan pangan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah pertanian. Setelah beberapa saat lahan KWT kosong karena tidak ada penanaman, kini lahan KWT mulai ditanami tanaman sayuran. Tanaman sayuran yang ditanam di lahan KWT Subur Lestari diantaranya yaitu tanaman tomat, cabai, dan terong.

Setelah sekian lama tidak terdapat tanaman di lahan KWT maka sebelum ditanami perlu dilakukan pembersihan lahan, dimana pembersihan sudah dilakukan satu minggu sebelumnya. Selain diperlukan pembersihan juga diperlukan penggemburan tanah, dimana ini dilakukan dengan cara mencangkul lahan yang akan digunakan untuk menanami tanaman. Setelah selesai penggemburan diperlukan juga pemberian pupuk, dimana pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang kemudian dicampur dengan sekam dan kemudian diratakan di lahan KWT yang telah selesai digemburkan. Setelah itu baru bisa dilakukan penanaman sayuran.

Tujuan dari penanaman ini adalah untuk menghidupkan kembali KWT yang sempat terhenti selama beberapa saat. Selain itu tujuan penanaman ini adalah untuk pemberdayaan ibu-ibu di Padukuhan Puron untuk mengelola lahan KWT. Secara keseluruhan, penanaman sayuran memiliki peran yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan pangan, meningkatkan kesehatan masyarakat, dan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi dan lingkungan.

Komentar atas Kerja Bakti Penanaman Tanaman Sayur di Lahan KWT Subur Lestari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License