Tahu Walyadi

Administrator 04 Mei 2021 10:55:04 WIB

Tahu merupakan salah satu bahan makanan pokok. Tahu juga merupakan makanan yang mengandung sangat banyak gizi dan cukup mudah untuk diproduksi. Untuk memproduksi tahu bahan-bahan yang dibutuhkan hanya berupa kacang kedelai. Tidak heran jika saat ini kita dapat menemukan banyak sekali pabrik pembuatan tahu, baik dalam bentuk usaha kecil dan usaha menengah yang masih menggunakan cara konvensional ataupun usaha-usaha yang sudah cukup sukses dengan cara pembuatan yang lebih modern

Perusahaan tahu memang sangat menjanjikan dengan adanya perusahaan-perusahaan kecil sampai menengah yang memproduksi makanan-makanan tersebut. Tingginya permintaan konsumen terhadap makanan tersebut membuat siapa saja yang menjalani usaha dalam penjualan maupun pengolahannya mendapat keuntungan lebih salah satunya “Tahu Walyadi” yang bertempat di Dusun Gunungsaren Lor RT 78, Jenis-jenis tahu yang di produksi oleh Tahu Walyadi ini antara lain Tahu Putih, Tahu Magel hingga Tahu Goreng.

 

 

Meknisme pembuatan tahu menurt mas Didi secara empiris, hasil percakapan kami sebagai berikut:

  1. Kedelai yang dipilin dan disiapkan. Kemudian dibersihkan dan digiling di mesin penggiling hingga kedelai sudah berubah wujud menjadi seperti bubur.
  2. Kemudian hasil penggilingan ditampung dalam ember yang sudah disiapkan. Hasil penggilingin selanjutnya dimasukkan ke dalam tempat/bak perebusan yang telah disiapkan.
  3. Tempat perebusan dipanaskan dengan kayu bakar. Ini dilakukan agar mendapat panas yang optimal.
  4. Setelah dipanaskan dalam beberapa menit, hasil gilingan tadi selanjutnya disaring dengan menggunakan kain kasa putih. Penyaringan ini dilakukan untuk memperoleh sari kedelai yang sudah dipanaskan.
  5. Setelah sari kedelai diperoleh, selanjutnya ditambahi kasau (bahasa lokal) atau asam cuka atau di beberapa daerah lainnya disebut batu tahu.
  6. Setelah disatukan dengan asam, selanjutnya sari-sari kedelai diletakkan di cetakan tahu. Kemudian cetakan tahu ditutup dengan penutup cetakan dan diberi tekanan agar mempercepat pembentukan tahu.

 

Sampai saat ini penjualan produk tahu masih dipasarkan di Pasar Beringharjo Yogyakarta dan sebagian diambil oleh para pedagang. omzet penjualan menunjukkan peningkatannya. Disamping harga yang ditawarkan relatif terjangkau oleh segala lapisan golongan masyarakat

 

 

Komentar atas Tahu Walyadi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

AUDIO 2

https://www.youtube.com/watch?v=1w7OgIMMRc4

Kalender

Pengumuman

SAKSIKAN TURNAMEN QUARTER FINAL FUTSAL TRIMURTI CUP 2018 DI LAPANGAN FUTSAL DMT BANGUNJIWO, KASIHAN BANTUL PADA HARI MINGGU, TANGGAL 09 DESEMBER 2018

AUDIO