Roti Bu Mul

04 Mei 2021 10:49:39 WIB

  1. Deskripsi Umum Perusahaan

Roti Bu Mul merupakan suatu kegiatan usaha yang bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan roti.

  1. Riwayat Perusahaan

Terbentuknya usaha Roti Bu Mul pada tahun 2001 sampai sekarang, Roti Bu Mul tersebut dibentuk oleh Bu Mul sendiri. Awalnya Bu Mul membuka usaha dibidang makanan juga yaitu pembuatan lapis legit yang terdapat dikota yang berbeda pada tahun 1993, setelah itu Beliau pindah pada tahun 2001 ke sapuangin dan memutuskan untuk membuka usaha Roti Bu Mul disana.

  1. Lingkungan Usaha

Roti Bu Mul diproduksi di Rumah dengan peralatan sederhana seperti oven, mixer kue, dan pencetak kue. Lingkungan usaha produksi roti tersebut berada di daerah pemukiman warga Dusun Sapuangin, sehingga adanya usaha ini memberikan lapangan pekerjaan untuk warga sekitar. Maka yang membantu Bu Mul dalam pembuatan kue tersebut adalah Ibu-ibu rumah tangga sekitar Dusun Sapuangin yaitu sebanyak 8 karyawan.

  1. Kondisi Pasar

Dari hasil interview kami mendapatkan informasi mengenai pemasaran Roti Bu Mul, Beliau mengaku setiap harinya akan ada pedagang-pedagang yang mengambil sendiri pasokan roti ke Rumah atau tempat pembuatan rotinya langsung. Pedagang yang mengambil roti dapat membalikkan kembali roti tersebut jika roti tidak laku dipasaran, oleh karena ini pedagang tidak akan mendapatkan kerugian dalam penjualan Roti Bu Mul.

  1. Faktor Penghambat dan Pendukung Usaha
  • Faktor penghambat usaha tersebut adalah harga bahan baku yang tidak stabil.
  • Faktor pendukung usaha tersebut diantaranya :
  • Kondisi tempat dan peralatan yang memadai
  • Higienis dan harga yang relatif terjangkau
  • Merupakan salah satu makanan yang laris dipasaran

Komentar atas Roti Bu Mul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License