Produk-Produk Inovasi Dari Bege HandiCraft

04 Mei 2021 10:29:55 WIB

Di zaman yang sangat modern ini sangat banyak limbah yang tidak terkelola dengan tepat baik. Salah satunya limbah karton, adapun salah satu cara untuk meminimalisasi ataumengurangi limbah adalah dengan cara daur ulang limbah karton tersebut menjadi berbagai macam produk seperti tempat sampah, kotak tisu, tempat perhiasan hingga rak pakaian.

Bahan

Karton dan Enceng Gondok

Peralatan

Gunting

Cuttter

Lem karet

Proses Produksi

  1. Potong karton sesuai ukuran, dan buatlah kerangka kotak tisu ukuran sesuai dengan kotak tisu yang sering digunakan.
  2. Rangkai potongan-potongan karton yang sudah dilem menjadi kerangka kotak atau kubus
  3. Kemudian Agar terlihat rapi, bungkus dengan enceng gondok mengunakan lem karet
  4. Finising

 

Bege Handicraft merupakan sebuah UMKM  yang bergerak dalam kegiatan usaha produksi kerajinan Karton dan Enceng Gondok. Bege Handicraft berlokasi di Dusun Gunungsaren Lor RT 79 Desa Trimurti Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Berdirinya usaha ini bermula dari inisiatif bapak Sardianto yang melihat besarnya potensi kerajinan Karton dan Enceng Gondok  di Dusun Gunungsaren Lor  yang dinilai memiliki ciri khas khusus yang tidak dimiliki daerah lain.

Kegiatan utama usaha ini adalah memproduksi berbagai jenis kerajinan yang menggunakan bahan dasar dari Karton dan Enceng Gondok. Beberapa bentuk kerajinan yang dihasilkan tempat sampah, kotak tisu, tempat perhiasan hingga rak pakaian  yang biasanya dibutuhkan oleh masyarakat dalam kegiatan sehari-hari. Proses produksi dikerjakan secara manual  dengan menggunakan alat-alat sederhana seperti cutter dan penggaris . Hal inilah yang menjadikan produk Bege  Handicraft menarik.

Komentar atas Produk-Produk Inovasi Dari Bege HandiCraft

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License