Sosialisasi Bahaya Penggunaan Narkoba di Posyandu Remaja Cempedak

Reza & Thabita 10 Oktober 2019 09:41:25 WIB

Posyandu remaja merupakan program kegiatan rutin setiap bulan yang bertujuan untuk memberi wawasan kepada remaja dalam hal kesehatan, pernikahan dini, bahaya NAPZA, dan permasalahan remaja yang lain. Posyandu remaja ini diadakan di Kampung Tegalan RT 62 Dusun Pedak bekerja sama dengan Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul  yang dihadiri oleh Karang taruna, perwakilan PKK, Pokgiat LPMD, Ketua RT, Kader posyandu balita dan lansia hingga warga setempat. Kegiatan ini diawali dengan pengukuran berat badan, tinggi badan, tekanan darah, dan lingkar lengan oleh petugas kader posyandu Tunas Cempedak. (4/10)

Kemudian dilanjutkan sosialisasi bahaya penggunaan narkoba oleh Iptu Sugiyono dari Bimas Polsek Srandakan, Beliau menerangkan Narkoba adalah zat-zat alami maupun kimiawi yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh baik secara oral (minum, hirup, hisap, sedot) maupun secara injeksi/suntikan dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang. Adapun jenis-jenis narkoba, yaitu:

  1. Ganja (cannabis sativa) menyebabkan penggunanya ingin makan terus serta membuat perasaan tenang
  2. Shabu (ampethamin) menyebabkan penggunanya kuat dan merasa kenyang
  3. Ecstasy, jenis ini sering digunakan di tempat hiburan malam
  4. Tembakau Cap Gorilla membuat penggunanya berhalusinasi.
  5. Flakka membuat pengguna jadi seperti zombie
  6. Jamur Tahi Sapi (Magic Mushroom)
  7. Obat daftar G

Dilanjutkan pemaparan tertib berlalu lintas dari Bhabinkamtibmas Desa Trimurti Brigadir Eko Rustamaji beliau menyampaikan  tentang peraturan berlalu lintas yang baik dan benar di jalan raya, dimulai dengan berkendara yang benar dengan memakai helm, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak menggunakan HP saat berkendara, dan yang paling penting tentu telah memiliki SIM dan semakin memahami aturan lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas dan bahasa tubuh atau gerakan pengaturan lalu lintas yang dilakukan polisi.

beliau juga berpesan melalui kegiatan itu para remaja Dusun Pedak mampu menjadi pelopor tertib berlalu lintas bagi diri sendiri dan orang lain.

Sementara itu kepala Dusun Pedak Heti Nuryatmi berpesan bahwa dengan kegiatan Posyandu remaja ono bisa menginspirasi positif bagi masyarakat Dusun Pedak, terutama anak-anak muda yang membutuhkan asupan informasi serta arahan terkait peningkatan kualitas kehidupan. Mereka adalah generasi penerus bangsa dan perlu mendapat perhatian lebih untuk kehidupan yang lebih baik lagi.

Komentar atas Sosialisasi Bahaya Penggunaan Narkoba di Posyandu Remaja Cempedak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

AUDIO 2

https://www.youtube.com/watch?v=1w7OgIMMRc4

Kalender

Pengumuman

SAKSIKAN TURNAMEN QUARTER FINAL FUTSAL TRIMURTI CUP 2018 DI LAPANGAN FUTSAL DMT BANGUNJIWO, KASIHAN BANTUL PADA HARI MINGGU, TANGGAL 09 DESEMBER 2018

AUDIO

Lokasi Trimurti

tampilkan dalam peta lebih besar