CENDOL DAWET SEGER

Sandi Tri Prasetyo, S.T. 28 Agustus 2019 20:01:38 WIB

Cendol dawet merupakan minuman khas Sunda yang marak dijajankan di sekolah-sekolah, pasar-pasar, hingga pinggir jalan raya. Minuman yang terbuat dari daun cau ini biasanya disajikan dengan es dan gula merah. Mbah Bun yang merupakan warga Dusun Puron telah menjual cendol dawet selama kurang lebih 30 tahun. Perharinya Mbah Bun membuat cendol sekitar 2-4 kg. Namun jika bulan ramadhan tiba, Mbah Bun bisa membuat 5-8 kg. Adapun bahan-bahan untuk membuat cendol dawet ini adalah daun cau, kelapa, tepung, pati kanji, dan air. Setiap harinya Mbah Bun mulai membuat cendol pukul 20.00 WIB. Proses pembuatannya sebagai berikut:

  1. Mula-mula tepung diuleni dengan air sampai encer dan tidak menggumpal. Air yang digunakan harus benar-benar mendidih agar cendol dapat melar dengan maksimal.
  2. Setelah encer, adonan cendol dicetak menggunakan bathok kelapa kedalam air yang sudah mendidih.
  3. Setelah mengembang, cendol diangkat dan dimasukkan ke air dingin.
  4. Proses selanjtnya cendol di cuci menggunakan air dingin sampai air kembali jernih.

Setiap gelasnya, cendol dawet ini dijual seharga Rp 2.500. Setiap paginya, Mbah Bun hanya menjual cendol dawet ini ke pasar. Selain itu, Mbah Bun hanya melayani pesanan sepert untuk mantenan, rapat-rapat sekolah, dan pesanan-pesanan lainnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Kalender

Pengumuman

SAKSIKAN TURNAMEN QUARTER FINAL FUTSAL TRIMURTI CUP 2018 DI LAPANGAN FUTSAL DMT BANGUNJIWO, KASIHAN BANTUL PADA HARI MINGGU, TANGGAL 09 DESEMBER 2018

AUDIO

Lokasi Trimurti

tampilkan dalam peta lebih besar